We Optimized Your Assets

Kenali cara memulai menggunakan Autodesk Building Information Modelling (BIM)

December 11th, 2015 by

Sebuah model informasi bangunan tidak hanya mengandung desain bangunan namun data mengenai sifat komponennya, konstruksi dan pemeliharaan. Database dan cara informasi dibagi sama pentingnya dengan model itu sendiri – yang berarti bahwa BIM tidak hanya berarti perubahan teknologi utama, namun perbaikan dari keseluruhan proses desain. Transisi dari CAD ke BIM akan jauh lebih signifikan daripada ketika komputer diganti gambar kertas, sekitar 20 tahun yang lalu. Itu hanya otomatis proses, meninggalkannya utuh, sedangkan BIM dimaksudkan untuk mengubah cara tim proyek bekerja.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memulai implementasi BIM:

 

Harus punya Tools/ Software terlebih dahulu

Ketika perusahaan melihat biaya software sebagai penghalang untuk BIM, itu pertanda pasti bahwa mereka tidak benar- benar mengerti apa yang mereka mengambil. Investasi terbesar Anda tidak akan menjadi teknologi BIM sendiri, katanya, tetapi manajemen perubahan Anda harus diberlakukan di seluruh organisasi Anda. “BIM adalah tentang proses dan itulah di mana biaya riil ada. Ada benar-benar hanya satu cara untuk mendapatkan manfaat dari proses dan itu untuk memiliki tim internal dan eksternal yang terintegrasi”.

 

Pahami terlebih dahulu sebelum terjun memulai

Sangat penting, tetapi sering diabaikan, yang dimaksud adalah bagaimana sebenarnya Sistem suatu perusahaan anda bekerja. “BIM adalah konsep yang merubah alur kerja setiap designer/ arsitek atau engineer mengubah ke cara kerja yang lebih transparan dan kolaboratif,”. “Perlu untuk memastikan sebanyak mungkin informasi tentang teknologi dan proses yang ingin diterapkan, tapi pertama-tama harus memahami situasi saat ini khususnya di kantor Anda bekerja.”

Jangan perlakukan semua sama

BIM mungkin perubahan organisasi-lebar, namun tidak semua orang harus mampu untuk membangun model Revit dari awal. “Kami memetakan orang-orang dalam organisasi untuk mencoba dan memahami kebutuhan mereka berbeda,” kata Glennon. “Praktisi menggunakan alat desain akan memiliki kebutuhan yang berbeda dari seseorang dalam pengembangan bisnis, yang perlu memahami konsep dan bagaimana untuk menambah nilai bagi klien tetapi tidak bagaimana alat bekerja.”

 

Jangan belajar di menit-menit terakhir

Mengimplementasikan BIM berjalan jika orang-orang Anda sudah bisa menggunakan software dan langsung diterapkan pada project tanpa membuang-buang investasi yang sudah perusahaan Anda lakukan.

“Pengalaman memberitahukan bahwa umumnya cara yang salah adalah memberikan mereka pelatihan terlebih dahulu, namun pembelian softwarenya menyusul di 1 hingga 3 bulan kemudian, bahkan hingga 6 bulan kemudian, dan pada saat itu mereka sudah dipastikan lupa pelatihan yang didapat.

 

Jangan menggunakan E-mail sebagai salah satu Tools

Email menjadi sebagai alat komunikasi yang resmi, namun tidak semuanya sampai ke dalam pekerjaan. Dengan BIM, perusahaan harus mengatasi besarnya file yang jauh lebih besar..dan dipastikan hampir rata-rata diatas 10MB.

 

Berhenti dengan menggunakan komputer spek rendah

BIM membutuhkan spesifikasi high-end computer sesuai kebutuhan besarnya modeling dan selama proses pembuatan modeling tidak terganggu.