We Optimized Your Assets

Onion Penerus Cryptolocker

August 5th, 2014 by

header_news_5 agustus 2014

 

Onion Penerus Cryptolocker

Saat ini makin banyak ransomware mengintai anda di Internet. Masih ingat Cryptolocker? Cryptolocker pernah mengacaukan pengguna di berbagai belahan dunia dengan malware yang meminta tebusan ratusan poundsterling dalam bentuk uang virtual Bitcoin.

Diungkap oleh Kaspersky Lab,  dikenal sebagai Onion. Penerus Cryptolocker ini menggunakan Tor dark-web browser untuk menyembunyikan sifatnya yang jahat dan membuatnya sulit melacak siapa yang ada di balik aksi malware ini.

Malware baru ini sementara hanya mempengaruhi PC Windows. Ia mengenkripsi file-file seperti Cryptolocker dan menghitung mundur selama 72 jam. Jika waktu itu berlalu dan tebusan belum dibayarkan, semua file akan disandera akan dihapus.

Berasal dari Rusia, Onion berbeda dengan Cryptolocker karena para penjahat cyber menggunakan Tor untuk mengubah caranya berkomunikasi dengan server “command and control” yang menerima pembayaran dan melepaskan kode-kode decryption yang dibutuhkan untuk mengakses file-file. Menyembunyikan server command and control dalam jaringan anonim Tor inilah, tulis Kaspersky Lab, yang merumitkan pencarian penjahat cyber. Selain itu penggunaan skema kriptografi yang tak biasa menyebabkan mustahil melakukan file decryption, bahkan jika trafik diintersepsi di antara Trojan dan server.

Karena itulah Onion menjadi ancaman yang sangat berbahaya saat ini. Namun Onion bukanlah malware pertama yang menggunakan Tor sebagai lapisan pelindung. Tahun 2013 ada Zeus yang menyerang infrastruktur perbankan.

Sumber:www.pcplus.co.id

Kaspersky Endpoint Security for Business, memberikan kemudahan Anda untuk melindungi dan mengendalikan physical, virtual dan mobile devices Anda melalui single central management console.

promo_augustus

Informasi produk, promo, dukungan teknis serta trial Kaspersky Endpoint Security for Business dapat Anda dapatkan dengan menghubungi marketingO@optima-online.com